cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmanajemenpendidikan.uki@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mayjend Sutoyo No. 2 Cawang, Jakarta Timur, 13630 Telp.021-8009190. Ext.441. Fax 021-8094050
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : 23015594     EISSN : 27459543     DOI : https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to be a medium for disseminating conceptual ideas of studies and application of theories along with research results in the scope of elementary education, junior/senior high education, and university/college education. Publication about scientific works pays attention to signs in scientific studies that can be accounted for and pays attention to ethics, morals in writing scientific papers
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2019): JULI" : 6 Documents clear
EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH GARUDA CENDIKIA Ni Komang Kurniawati; Hotner Tampubolon; Hotmaulina Sihotang
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v8i2.2971

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mengevaluasi implementasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Menengah Garuda Cendekia, mencakup (1) mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan inklusif sesuai atau tidak dengan delapan standar pendidikan inklusif yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian, standar kompetensi guru dan tenaga kependidikan, standarsarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan,(2) mendeskripsikan berbagai hambatan dalam implementasi pendidikan inklusif, dan (3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala saat penyelenggaraan pendidikan inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi program dengan pendekatan model Discrepancy (kesenjangan). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Garuda Cendekia. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 1-3, dan guru pembimbing khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyelenggaraan pendidikan inklusif belum sesuai dengan delapan standar pendidikan inklusif, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian, standar kompetensi guru dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan, (2) hambatan yang dihadapi adalah jumlah Guru Pembimbing Khusus (GPK) yang tersedia masih kurang dan minimnya pemahaman guru reguler tentang pendidikan inklusif, dan (3) solusi yang dapat dilakukan guna mengatasi kendala tersebut adalah GPK memberikan dampingan konsultatif kepada guru reguler, serta GPK dan guru reguler melakukan kerjasama dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif.
PEMBERDAYAAN KOLEGIALITAS GURU DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA UNIT SPECIAL NEEDS SEKOLAH PASO JAKARTA Parwietha Sari; Hotmaulina Sihotang; Bintang R. Simbolon
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v8i2.2972

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat upaya pemberdayaan, kendala dan strategi kolegialitas guru pada unit Special Needs terhadap pembentukan kemandirian ABK dalam keterampilan merawat diri, berkomunikasi dan bersosialisasi. Observasi di lokasi penelitian dan wawancara pada 5 guru, 1 kepala sekolah dan 4 orang tua menunjukkan bahwa dedikasi, kompetensi, kemampuan berkomunikasi dan membina relasi sosial menjadi faktor internal guru yang memengaruhi dan menjadi kendala dalam pemberdayaan kolegialitas guru di unit SN. Guna menangani hal tersebut, pimpinan sekolah melakukan strategi berupa terlibat langsung dan menjadi contoh dalam membangun relasi pertolongan, membangun komunikasi dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penanganan ABK. Selain itu strategi juga dilakukan dengan memfasilitasi lingkungan kerja melalui berbagai kegiatan yang mendukung pemberdayaan kolegialitas guru, seperti: memberi kesempatan mengajar, berorganisasi dan bersosialisasi secara tim. Semua strategi tersebut bertujuan memberikan pemahaman bagi guru akan pentingnya bekerjasama secara tim, memiliki soliditas, dan mengetahui karakter satu sama lain sehingga mampu berpikiran dan bersikap terbuka.
EFEKTIVITAS MANAJEMEN LEMBAGA PELATIHAN PT. HANDARU UTAMA NITYASA (HUMANIS GROUP) DI JAKARTA SELATAN Ahadini Ratri Mayang Sari; Said Hutagaol; Hotner Tampubolon
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v8i2.2975

Abstract

Ditengah tekanan kompetisi dalam bidang penyedia layanan pelatihan yang semakin ketat, usaha untuk menjadi lembaga penyedia layanan pelatihan yang dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan pada klien pengguna jasa bukanlah suatu pekerjaan yang mudah bagi lembaga penyedia layanan pelatihan seperti halnya Humanis Group.Humanis Group diharapkan mampu untuk terus bersaing dengan menunjukkan manajemen yang efektif dalam pengelolaan usaha penyedia jasa pelatihan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen Humanis Group dalam melaksanakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dalam menjalankan usahanya sebagai lembaga penyedia jasa pelatihan selama kurun waktu tigabelas tahun sehingga mampu bersaing dalam ketatnya persaingan di bidang usaha penyedia jasa pelatihan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dilakukan melalui teknik sampel dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling) melalui wawancara mendalam.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Humanis Group melaksanakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian secara efektif dalam menjalankan usahanya, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat hal-hal yang perlu dioptimalkan dalam fungsi pelaksanaan dan pengendalian.
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU daniel; Manahan Tampubolon; Hotmaulina Sihotang
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v8i2.2978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di delapan sekolah dasar swasta kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini berjumlah 108 guru. Data diperoleh melalui kuisioner. Validitas butir instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan linieritas. Analisis data menggunakan korelasi dan regresi. Hasil pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y). Diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,687 dan persamaan regresi Ŷ = 32,144 + 0,617X1. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim sekolah (X2) dengan kinerja guru (Y) serta diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,463 berarti memiliki korelasi positif dan cukup kuat dan persamaan regresi Ŷ = 44.960 + 0,487X2. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah (X1) dan iklim sekolah (X2) secara simultan dengan kinerja guru (Y). Diperoleh koefisien korelasi ganda (ry12) sebesar 0,703 yang berarti korelasi positif dan kuat dan persamaan regresi Ŷ = 25,138 + 0,544X1 + 0,176X2.
FIGHT OR FLIGHT: STRES DAN STRATEGI COPING GURU PEMBIMBING KHUSUS Nouf Zahrah Anastasia; Josephine L. Tobing
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v8i2.2980

Abstract

Profesi guru bagi anak berkebutuhan khusus yang dikenal dengan sebutan Guru Pendamping Khusus (GPK) tidak lepas dari tekanan stres. Stres dapat berdampak negatif pada kinerja untuk itu GPK perlu mengembangkan suatu strategi coping yang efektif, agar dapat melewati stres yang dialami dan tetap memiliki kualitas kerja yang baik. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran dan tanggung jawab GPK, memahami situasi yang menimbulkan stres kerja, dan menganalisis strategi coping dalam menghadapi stres yang timbul. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti menggunakan manajemen resiko sebagai alat analisis untuk memetakan peluang terjadinya stres yang menjadi nature dari profesi pengajar ABK. Mitigasi yang efektif diharapkan dapat meminimalisir dampak stress, baik untuk sumber stress yang terprediksi yang tidak terprediksi. Metode pengambilan sampel adalah strategi purposive sampling yang mencakup 10 guru pendidikan khusus dari 4-unit yang berbeda di Departemen Special Education Sekolah SPK Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Jakarta Selatan. Temuan menunjukkan bahwa ada 5 sumber stres kerja yang utama, yaitu (1) kombinasi beban kerja dan tekanan waktu, (2) perilaku tantrum / sulit dari siswa ABK, (3) kurangnya kompetensi guru (pengetahuan / pengalaman / kemampuan dalam mengajar dan menghadapi ABK), (4) faktor orang tua siswa (tidak kooperatif/sulit), dan (5) hubungan interpersonal antar rekan guru. Para GPK menggunakan berbagai strategi coping sebagai alat mitigasi dengan pendekatan problem-focused dan emotion-focused sesuai sesuai dengan kondisi yang dialami.
PERENCANAAN STRATEGI PENDIDIKAN DASAR PADA SDNP KOMPLEKS IKIP RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR (ANALISIS KASUS) Yufita; Witarsa Tambunan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v8i2.2981

Abstract

Pengembangan sikap, kemampuan, pengetahuan dan ketermapilan dasar perlu diberikan kepada peserta didik pada tingkatan pendidikan dasar untuk mempersiapkannya mengikuti pendidikan di jenjang selanjutnya. Sekolah Dasar Negeri Percontohan (SDNP) Kompleks IKIP Rawamangun Jakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan dasar mengalami perjalanan panjang sehingga dapat menjadi sekolah percontohan. Penelitian ini merupakan suatu studi analisis Perencanaan Strategi (RENSTRA) Pendidikan pada SDNP Kompleks IKIP Rawamangun Jakarta. Penelitian ini ingin mengetahui apakah SDNP dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan menggunakan Prencanaan Strategis. Dalam analisis yang dilakukan ternyata pendekatan perencanaan strategi dapat diterapkan pada organisasi (Sekolah) SDNP Kompleks IKIP Rawamangun Jakarta. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis yang menggunakan analisis lingkungan maupun analisis SWOT. Dari hasil kajian ini diharapkan dapat mengingatkan lembaga pendidikan yang ada untuk menggunakan pendekatan Perencanaan Stratedi atau Pendekatan Total Quality (TOM) dalam upaya peningkatan mutu sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6